Trend Sistem Informasi Bidang Bisnis
Teknologi merupakan alat, teknik, atau cara yang dapat membantu manusia dalam melakukan
pekerjaan sehingga pekerjaan menjadi lebih ringan, lebih cepat, lebih baik, atau lebih banyak hasilnya (Haryani, 2001:72). Teknologi telah menyusup ke dalam setiap praktik bisnis serta menciptakan keunggulan dan kemampuan komunikasi yang semakin canggih. Perkembangan teknologikomputer yang cukup dramatis telah menyebabkan perubahan dalam teknologi komunikasi tanpa harus mengubah unsur-unsur dasar proses komunikasi. Kemajuan teknologi dalam komunikasi telah memungkinkan terciptanya kerja sama dengan berbagai pihak, kapan pun dan dimana pun berada. Penggunaan internet, e-mail, voice mail, dan faks memudahkan para pihak untuk bekerja tidak dalam satu lokasi. Bekerja tidak perlu dilakukan di kantor konvensional, tetapi juga bisa di rumah, di jalan, atau di berbagai negara. Komputer saku dan telepon genggam saat ini sudah cukup dijadikan ruang kerja yang mudah dibawa kemana saja. Teknologi tidak hanya mengubah cara-cara berkomunikasi, tetapi juga mengubah cara kerja. Walaupun demikian, ada beberapa kelemahan dari kemajuan teknologi yang mesti diwaspadai. Menggunakan teknologi komunikasi ketika berada jauh dari kantor menimbulkan kesulitan untuk memisahkan antar kehidupan di kantor dengan kehidupan di rumah. Lebih lanjut lagi, teknologi internet bisa menghasilkan informasi yang berlebihan. Akibatnya, pelaku bisnis dibanjiri oleh informasi yang jauh lebih banyak daripada yang dapat diproses secara efektif.Teknologi memberikan berbagai pilihan dalam melakukan komunikasi bisnis. Untuk membantu melakukan pemilihan teknologi komunikasi, Bovee dan Thill (2003:29) memberikan pedoman sebagai berikut :
1. Harapan penerima pesan
Setelah mengetahui siapa penerima pesan, perlu
dipertimbangkan lebih lanjut harapan penerima terhadap teknologi yang digunakan
untuk mengirim pesan. Ada yang cukup puas menerima pesan melaluji telepon dan
faks saja, tetapi ada pula yang menghendaki agar pesan dikirim melalui e-mail.
2. Waktu dan Biaya
Waktu menjadi faktor penting dalam memilih teknologi yang
digunakan. Pesan yang mendesak biasanya dikirim melalui telepon, faks, atau
internet dengan biaya yang relatif lebih mahal daripada pengiriman melalui pos.
Sementara itu, pesan yang tidak mendesak dan kurang penting bisa dikirim
melalui pos saja.
3. Sifat Pesan
Pesa-pesan tertentu yang memerlukan penjelasan rumit dan
kompleks akan lebih baik bila disampaikan secara langsung melalui tatap muka.
Sementara pesan yang memerlukan gambar tentu tidak tepat jika dikirim melalui
telepon.
4. Perlunya Penampilan
Teknologi yang digunakan dalam berkomunikasi seringkali
dijadikan salah satu indicator untuk menilai kemajuan perusahaan. Demikian pula
untuk tujuan tertentu, pesan bisnis akan lebih baik bila dicetak dengan printer
laser di atas kertas yang bermutu daripada dicetak di atas continuous form
dengan printer dotmatrix.
Pelaku bisnis diharapkan memiliki ketrampilan dalam
memanfaatkan teknologi agar dapat berkomunikasi secara efektif. Kemampuan untuk
menangani tantangan teknologi (misalnya kelebihan informasi dan keamanan data)
juga sangat diperlukan. Teknologi hendaknya dipergunakan secara bijaksana.
Penggunaan teknologi yang membabibuta akan merugikan perusahaan.
· Manfaat IT dalam bidang bisnis
:
Seiring dengan kemajuan teknologi, hal tersebut membawa
banyak manfaat yang sangat berguna bagi kemajuan dan kesejahteraan kehidupan
manusia. Salah satu bukti nyata tentang kemajuan teknologi sangat terasa di
bidang IT atau teknologi informasi. Teknologi dan informasi merupakan
salah satu aspek dalam kehidupan manusia yang tidak dapat dipisahkan. Hal
tersebut sangat penting karena menunjang setiap kegiatan manusia dalam berbagai
bidang yang ditekuninya seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, dll. Salah satu
bidang dalam kehidupan manusia yang tidak bisa dipisahkan dari kemajuan
teknologi dan informasi adalah bidang bisnis. Para pelaku bisnis sangat
merasakan manfaat IT yang sangat besar dalam kehidupan mereka.
Berikut ini adalah beberapa kegunaan IT dalam bidang bisnis :
·
Munculnya peluang bisnis baru yakni
E-Business.
Dengan kemajuan teknologi dan informasi, hal tersebut mendorong beberapa orang untuk menciptakan beberapa inovasi yang sangat menguntungkan dan bisa dijadikan sebagai ranah bisnia yang sangat menguntungkan bagi semua orang. Salah satu bukti nyata bisnis baru yang merupakan pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi adalah Google. Google merupakan salah satu contoh dari E-Commerce atau E-Business. E-Business merangkap berbagai hal seperti teknologi jaringan, lowongan pekerjaan, layanan customer, dll. Google merupakan sebuah bukti nyata dimana search engine tersebut banyak digunakan oleh semua orang dan memudahkan semua orang dalam mencari sesuatu di internet. Hal yang paling penting adalah, Google meraup banyak keuntungan dari hal tersebut.
Dengan kemajuan teknologi dan informasi, hal tersebut mendorong beberapa orang untuk menciptakan beberapa inovasi yang sangat menguntungkan dan bisa dijadikan sebagai ranah bisnia yang sangat menguntungkan bagi semua orang. Salah satu bukti nyata bisnis baru yang merupakan pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi adalah Google. Google merupakan salah satu contoh dari E-Commerce atau E-Business. E-Business merangkap berbagai hal seperti teknologi jaringan, lowongan pekerjaan, layanan customer, dll. Google merupakan sebuah bukti nyata dimana search engine tersebut banyak digunakan oleh semua orang dan memudahkan semua orang dalam mencari sesuatu di internet. Hal yang paling penting adalah, Google meraup banyak keuntungan dari hal tersebut.
·
Memperluas Pangsa Pasar.
Salah satu manfaat IT dalam bidang bisnis adalah memperluas pangsa pasar. Dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, para pelaku bisnis dapat memantau beberapa daerah yang berprofit tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup keuntungan demi keberlangsungan bisnis yang mereka lakukan. Contohnya, Indonesia merupakan sebuah negara yang terdiri dari banyak SDM yang mencapai angka ratusan juta. Hal ini menarik para pelaku bisnis besar untuk mengepakkan sayap dan memproduksikan bisnisnya ke Indonesia. Hal tersebut menjadi salah satu contoh dalam upaya para pelaku bisnis dalam memperluas usaha bisnisnya.
·
Mengurangi biaya produksi dan
operasional.
Kemajuan teknologi dapat membantu setiap perusahaan dalam mengurangi biaya produksi dan juga mengurangi operasional. Hal tersebut bisa terlihat dari setiap perusahaan yang menggunakan mesin dalam melakukan pekerjaannya. Hal tersebut dapat membantu setiap perusahaan dalam mengurangi biaya produksinya sehingga mereka bisa mencapai prinsip ekonomi dimana mereka dapat mendapatkan keuntungan yang besar dengan hanya mengelurkan pengeluaran yang sedikit. Manfaat IT yang lainnya yaitu mengurangi operasional setiap perusahaan sehingga hal ini dapat menambah jumlah produksi setiap perusahaan dalam memproduksi barang produksinya. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi setiap perusahaan terutama bagi mereka yang sudah menerapkan teknologi yang canggih dalam perusahaannya.
·
Mempermudah proses komunikasi dan
monitoring setiap karyawan.
Manfaat IT yang terakhir bagi dunia bisnis adalah mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan yang bekerja. Untuk proses komunikasi, setiap karyawan tidak perlu lagi repot-repot datang ke ruang rapat dan berkumpul bersama. Mereka bisa melakukan teleconference untuk saling berkomunikasi mengenai beberapa ide. Hal ini membuat rapat menjadi lebih praktis dan menyenangkan tanpa perlu jauh-jauh datang ke tempat rapat. Selain itu, hal tersebut juga bisa digunakan untuk mengawasi kinerja para karyawan. Sang pemimpin perusahaan bisa tetap mengawasi kinerja karyawan dalam perusahaannya dengan memakai beberapa metode seperti metode komunikasi dengan mangaer dari perusahaan tersebut.
Masalah Komunikasi Bisnis dengan Peranan Teknologi Informasi
dan Komunikasi . Dalam praktek komunikasi bisnis diperlukan sarana yang
dapat menunjang proses komunikasi itu, teknologi informasi dan komunikasi yang
semakin hari semakin berkembang dapat dimanfaatkan dalam praktek komunikasi
bisnis. Seiring dengan perkembangan teknologi dan sistim informasi, komunikasi
berkembang menjadi suatu bisnis tersendiri. Perkembangan sistim informasi dan
teknologi mempercepat proses Globalisasi, sehingga proses komunikasi terjadi
setiap saat tanpa berhenti dan berlangsung pada saat yang hampir bersamaan di
seluruh belahan dunia. Informasi dengan mudah dan cepat menyebar, bahkan nyaris
tanpa penghalang apapun . Perkembangan teknologi yang semakin pesat,
memungkinkan orang untuk berkomunikasi melalui berbagai macam media.Perkembangan
bisnis masa ini bergerak lebih cepat dibanding sebelumnya, sehingga mereka
membutuhkan komunikasi yang lebih luas dan lebih baik, terutama dalam
mempertahankan pelanggan dan pemasok, dan bahkan dalam menghadapi persaingan
yang semakin ketat. Dengan solusi mobilitas diharapkan para karyawan akan lebih
produktif, di manapun mereka berada. Itu karena mereka memiliki akses tertentu
terhadap berbagai aplikasi perusahaan melalui berbagai perangkat bergerak atau
berbagai akses lainnya. Kesediaan prasarana dan sarana informasi serta tingkat
pemilihan akses dan aset terhadap penggunaan informasi merupakan prasyarat
untuk dapat memanfaatkan dan memberikan nilai ( volume ) terhadap sesuatu
informasi. Semua prinsip informatika tersebut tidak terlepas dari tuntutan dan
kebutuhan serta kegiatan manusia dan masyarakat di dalam kehidupannya sehari –
hari. Dengan semakin mendalamnya keterlibatan setiap negara di dalam jaringan
globalisasi ekonomi dan gaya hidup maka tuntutan dan kebutuhan serta kegiatan
setiap negara termasuk masyarakatnya yang melibatkan pentingnya peranan
informasi menjadi suatu keharusan. Untuk itu komunikasi bisnis tanpa adanya
dukungan infrastruktur sarana dan prasarana teknologi informasi dan komunikasi
tentunya tidak akan berjalan dengan lancar. Selain itu tanpa adanya peranan
teknologi informasi dan komunikasi praktek komunikasi bisnis akan menjadi
ketinggalan zaman, informasi yang didapat akan jauh tertinggal, dan akan
membawa dampak perkembangan bisnis akan menjadi lambat. Kendala yang bisa saja
muncul dalam praktek komunikasi bisnis dengan peranan teknologi informasi dan
komunikasi adalah selain masalah infrastruktur sarana dan prasarana, juga
masalah ketidakmampuan manusia dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
dengan baik, juga kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik menjadi hambatan
yang seringkali muncul dalam praktek komunikasi bisnis. masalah infrastruktur.
Sarana dan prasarana teknologi informasi dan komunikasi yang terbilang
membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga bagi pelaku bisnis yang memiliki
modal yang tidak banyak mengakibatkan kurangnya pembangunan infrastruktur
pendukung Komunikasi bisnis. masalah kemampuan menggunakan teknologi informasi
dan komunikasi. Walaupun fasilitas komunikasi bisnis telah memadai, kendala
yang bisa saja muncul adalah kemampuan sumber daya manusia dalam memanfaatkan
fasilitas tersebut. Mungkin masih ada beberapa pelaku bisnis yang belum mampu
menggunakan alat komunikasi dalam bisnisnya, sehingga walaupun peralatan yang
digunakan adalah peralatan dengan teknologi canggih sekalipun, jika manusianya
tidak dapat mengoperasikan/ menggunakan peralatan tersebut akan menjadi
percuma.kemampuan individu dalam berkomunikasi. Masalah yang paling mendasar
dalam praktek komunikasi bisnis baik dengan peran teknologi informasi dan
komunikasi dan tanpa peran TIK tersebut, masalah yang mendasar adalah kemampuan
komunikasi dari individu itu sendiri. Apabila seseorang memiliki kemampuan
komunikasi yang kurang baik, maka secara otomatis praktek komunikasi bisnisnya
tetap mengalami kendala, walau telah didukung oleh peranan teknologi informasi
dan komunikasi. Cara orang tersebut menyampaikan pesan kepada pihak lain itulah
yang menjadi hal yang paling penting untuk diperhatikan
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda